Verifikasi Faktual Dukungan Calon Persorangan dipertanyakan

Meski namanya tercantum dalam daftar dukungan bacabup perseorangan, Hasanah warga Panti menyatakan kepada petugas verifikasi faktual tidak pernah memberikan dukungan. Anehnya petugas tidak memberikan formulir pernyataan tidak mendukung.

Muhammad Yazid Khobir suami Hasanah menceritakan, minggu lalu rumahnya didatangi petugas verifikasi faktual bersama tim Faida-Vian, karena nama istrinya masuk daftar dukungan. Namun kepada petugas istrinya dengan tegas mengatakan tidak pernah secara sadar memberikan KTP untuk mendukung pasangan Faida-Vian.

Anehnya usai mendapat penjelasan dari istrinya, petugas PPS yang nelakukan verifikasi langsung pergi dari rumahnya, tanpa memberikan formulir keberatan yang harusnya diisi oleh istrinya. Bahkan istrinya tidak sempat melihat apakah KTP dan tandatangannya asli atau dipalsukan.

Sementara komisioner Bawaslu Kabupaten Jember Devi Aulia menjelaskan, setiap warga yang ada dalam daftar dukungan tetapi ternyata tidak mendukung, harus dibuktikan dengan mengisi formulir BA-5 KWK, yang isinya pernyataan tidak mendukung. Jika tidak maka warga tersebut dianggap tetap mensukung. Komisioner divisi tehnis KPU Jember Susanto, hingga berita ini diturunkan belum berhasil di konfirmasi.

 

(666 views)