Sinyal HP Curiannya Terlacak, Residivis Curat Asal Kalisat Ditangkap

Setelah melakukan pengejaran hampir satu bulan, tim resmob Polres Jember dan Unit Reskrim Polsek Sukowono, Senin dini hari berhasil menangkap seorang pemuda berinisial FD warga Desa Patempuran Kecamatan Kalisat, pelaku yang telah membobol rumah milik Sugianto warga Desa Sukorejo Kecamatan Sukowono. Hingga saat ini polisi masih terus mengejar penadahnya.

Kapolsek Sukowono AKP Subagio menceritakan, tanggal 10 Bulan Juni 2020 lalu korban melapor bahwa satu unit sepeda motor beat dan satu unit HP miliknya raib dicuri orang. Atas kejadian tersebut pihaknya melakukan penyelidikan dengan melacak sinyal HP korban, hingga akhirnya berhasil mengidentifikasi pelakunya.

Tidak ingin kehilangan buruannya, polisi langsung mendatangi dan menangkap pelaku di rumahnya. Saat dilakukan penggeledahan, polisi juga menemukan barang bukti berupa  satu unit HP dan chargernya milik korban, satu set kunci T, sebuah roko elektrik, sebuah botol liquid, sebuah tang,dan sebilah celurit. Seluruh peralatan tersebut diduga kuat sering dibawa oleh pelaku saat melancarkan aksinya.

Saat diinterogasi pelaku mengaku, sepeda motor korban sudah dijual kepada seorang penadah di Kabupaten Probolinggo seharga 1,5 juta rupiah. Dalam melakukan aksinya tersangka hanya seorang diri datang ke rumah korban pada malam hari. Kemudian dengan peralatan yang sudah dibawanya pelaku merusak pintu dapur korban, selanjutnya mengambil barang  korban.

Lebih jauh Subagio menjelaskan, dari catatan kepolisian pelaku merupakan residivis yang pernah di-penjara karena kasus serupa. Akibat perbuatannya tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara.

(397 views)