PD Muhammadiyah Jember Belum Tentukan Rambu Dukungan Politik Menyikapi Pilkada Jember

Berbeda dengan PCNU Jember dan Kencong yang memberikan dukungan terhadap calon yang direkom oleh Partai Kebangkitan Bangsa  atau PKB, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jember hingga detik ini belum memberikan rambu-rambu dukungan politiknya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jember, Ustaz Kusno menjelaskan sebagai organisasi masyarakat yang bergerak dalam dakwah islam amar ma’ruf nahi mungkar, Muhammadiyah ikut terlibat politik namun tidak berhenti dalam keterlibatan. Terkait sikap politik menyikapi Pilbub Jember, Kusno memastikan hingga detik ini belum menentukan kemana arah dukungan politik Muhammadiyah Jember.

Namun yang pasti jika nantinya sudah ada penetapan calon oleh KPU, Muhammadiyah Jember tetap akan memberikan rambu-rambu dukungan politik kepada warganya.  sejak dulu kriteria pemimpin yang diinginkan Mahammadiyah adalah yang berkepribadian ala Rasulullah. Meski demikian, Kusno memastikan pihaknya tetap menghormati dan tidak akan membelenggu kecerdasan yang dimiliki warga Muhammadiyah dalam menentukan sikap politiknya masing-masing.

Sementara PCNU Jember dan Kencong beberapa waktu lalu menyatakan memberikan dukungannya terhadap calon yang direkomendasi oleh PKB. Meski demikian Ketua PCNU Jember KH Abdullah Syamsul Arifin juga menegaskan bahwa  dukungan tersebut bukan dukungan secara kelembagaan menggunakan kop surat dan stempel PCNU, sehingga pihaknya tidak akan memasung hak politik warga nahdliyin secara personal.

(318 views)