Dua Terdakwa Pembunuhan dan Pengecoran Surono Divonis 20 dan 10 Tahun Penjara

Dua terdakwa pembunuhan dan pengecoran Surono warga Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, bernama Bahar Mario dan Busani akhirnya Kamis sore divonis sesuai tuntutan JPU oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jember. Terdakwa Busani divonis 10 tahun penjara sesuai pasal 55 KUHP dan Bahar Mario 20 tahun penjara sesuai pasal 340 KUHP.

Tim kuasa hukum terdakwa Busani dan Bahar Mario, Feri Sagria menjelaskan, meski pihaknya menilai kedua kliennya tidak terbukti melakukan pembunuhan dan pengecoran Surono dalam persidangan. Namun akhirnya kedua kliennya akhirnya dinyatakan terbukti dengan meyakinkan telah melakukan pembunuhan berencana dan pengecoran terhadap korban Surono.

Dalam putusannya, majelis hakim menilai tidak ada faktor yang meringankan, namun justru ada beberpa hal yang memberatkan kedua kliennya  di antaranyta, berbelit-belit selama persidangan, tidak menyesali perbuatannya bahkan tidak mengakuinya. Ditambah korban marupakan ayah kandung terdakwa Bahar dan suami dari terdakwa Busani.

Lebih jauh Feri menjelaskan, atas putusan tersebut pihaknya akan bermusyawarah dengan kliennya apakah menyatakan banding atau tidak. Namun terhadap terdakwa Bahar, Feri lebih condong akan melakukan banding yang akan disampaikan kepada majelis hakim tujuh hari ke depan.

(365 views)