Diduga Korupsi DD dan Dana Bumdes, Mantan Kades di Ledokombo Ditahan Kejaksaan

Diduga kuat menggunakan Dana Desa dan Dana Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes, Mantan Kepala Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo berinisial AH, Kamis sore ditahan oleh Kejaksaan Negeri Jember.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jember Agus Budiarto menjelaskan, kasus ini sudah lama diselidik oleh jaksa atas temuan inspektorat Pemkab Jember. Setelah mengumpulkan alat bukti dan pemeriksaan sejumlah saksi, akhirnya penyidik menetapkan AH sebagai tersangka dan langsung ditahan selama 20 hari kedepan guna pemeriksaan lebih lanjut.

Dalam kasus ini, tersangka saat menjabat sebagai Kepala Desa Sumbersalak periode tahun 2013-2018, dengan sengaja memanfaatkan jabatannya untuk menggunakan DD dan Dana Bumdes tahun anggaran 2018/2019 untuk kepentingan pribadi. Bersadarkan hasil temuan awal inspektorat, kerugian negara dalam kasus ini mencapai satu miliar lebih.

Lebih jauh Agus menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara tersangka melakukan korupsi hanya seorang diri. Dalam melakukan aksinya, tersangka mencarikan DD dan Dana Bumdes secara bertahap melalui Bendahara Desa.

Setelah dicairkan dan berada di tangan tersangka, kemudian digunakan untuk kepentingan pribadinya. Akibat perbuatannya tersangka dijerat pasal 2 dan 3 ndang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

(716 views)