Warga Jalan Mawar Patrang Kesulitan Membayar PBB

Ratusan warga Jalan Mawar kelurahan Jember Lor Patrang, ditolak oleh bank Jatim ketika akan membayar Pajak Bumi dan Bangunan yang selama ini tiap tahun rutin dibayarnya. Alasannya PBB warga sedang dalam proses pengalihan kepada PT. KAI.

Preta Catur Pristri Wartono salahsatu warga menceritakan, dirinya bersama warga yang lain Senin pagi mendatangi Bank Jatim untuk membayar PBB. Namun petugas bank Jatim mengatakan PBB warga tidak bisa dibayar lagi, berdasarkan kebijakam Bapenda atas usulan PT. KAI.

Warga kemudian mendatangi kantor Bapenda untuk meminta klarifikasi, yang ditemui oleh staf Bapenda bernama Hendra. Hendra membenarkan PBB warga jalan Mawar sedang dalam proses pengalihan kepada PT. KAI, berdasarkan SK dari kanwil Badan Pertanahan Nasional. Surat tersebut nantinya akan menjadi dasar validasi, untuk mendapatkan bea perolehan hak atas tanah atau BPHTB.

Preta dan warga yang lain mengaku kaget, karena warga penghuni tidak pernah mendapat pemberitahuan apapun, padahal sejak puluhan tahun lalu PBB atasnama warga, dan yang membayar juga warga. Apalagi menurut Preta PT. KAI tidak memiliki hak mengklaim tanah tersebut.

Sementara Hendra staf Bapenda yang menemui warga, ketika dikonfirmasi tidak bersedia memberikan komentar, menunggu petunjuk kepala Bapenda yang kebetulan sedang tidak berada di tempat. Menurut Hendra jawaban atas semua pertanyaan warga, akan segera disampaikan secara tertulis kepada ketua RW setempat.

(791 views)