Seluruh Penyelenggara Pemilu Jalani Rapid Test

KPU Kabupaten Jember melakukan rapid test kepada seluruh staf dan penyelenggara pemilu di tingkat PPK dan PPS. Hal ini dilakukan untuk menjamin petugas yang akan melakukan proses verifikasi faktual bebas covid-19.

Komisioner KPU kabupaten Jember Ahmad Hanafi mengatakan, penyebaran Covid-19 dikabupate Jember tergolong cukup tinggi, sehingga sebagai upaya antisipasi pihaknya melakukan rapid test terhadap seluruh staf, PPK dan PPS. Sejauh ini baru PPS yang sudah selesai melakukan rapid test keseluruhan, yang dilaksanakan sebelum pelantikan.

KPU menurut Hanafi, mendahulukan PPS untuk menjalabi rapid test karena mereka akan melakukan proses verifikasi faktual dukungan calon perseorangan mulai hari ini, dimana mereka harus bertemu tatap muka dengan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak khawatir ketika didatangi oleh petugas.

Lebih jauh hanafi menjelaskan, pihaknya juga akan membekali petugas dilapangan dengan alat pelindung diri atau APD, untuk menghindari kemungkinan terjadinya penularan dari orang lain kepada penyelenggara pemilu.

(287 views)