Kemenag Kembali Buka Layanan Nikah diluar KUA

 

Setelah sempat menghentikan sementara pelayanan nikah diluar KUA, Kantor kementerian agama saat ini kembali membuka layanan nikah diluar KUA dengan syarat jumlah tamu yang hadir dalam prosesi akad nikah tidak lebih dari 30 orang.

Menurut kepala seksi bimbingan masyarakat kantor Kemenag Jember Misbakul Munir, dibukanya kembali pelayanan nikah diluar KUA berdasarkan surat edaran Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama. Dengan demikian masyarakat sudah bisa kembali melakukan pendaftaran pernikahan di kantor KUA terdekat ataupun mendaftar secara online.

Pelaksanaan akad nikah juga sudah bisa dilakukan diluar KUA atau di rumah mempelai, dengan ketentuan jumlah undangan 20 persen dari kapasitas ruangan atau tidak lebih dari 30 orang. Sedangkan jika dilakukan di KUA maksimal tamu yang hadir hanya 10 orang. Selain itu tamu yang mengikuti proses akad nikah juga di wajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak.

Munir menegaskan aturan ini berlaku hanya untuk prosesi akad nikah, bukan untuk resepsi pernikahan. Jika untuk resepsi harus berkoordinasi lebih lanjut dengan gugus tugas covid-19 dan aparat keamanan. Sementara terkait biaya masih sama sesuai PP 48 tahun 2014, yakni gratis jika dilakukan di KUA pada jam kerja. Namun jika dilakukan diluar jam kerja dan di rumah mempelai dikenakan biaya sebesar 600 ribu rupiah.

(372 views)