Terdakwa Pengeroyokan Anggota Pagar Nusa Hadirkan Empat Saksi

Insiden pengeroyokan terhadap anggota Pagar Nusa bernama Eko Suwito yang dilakukan sejumlah anggota PSHT memasuki tahap sidang pemeriksaan saksi. Dalam agenda pemeriksaan dari pihak terdakwa yang dilaksanakan Selasa siang, tedapat empat saksi yang dua diantaranya masih di bawah umur.

Kuasa hukum terdakwa, Naniek Sudiarti kepada sejumlah wartawan menjelaskan, dalam persidangan yang digelar secara daring, kliennya menyampaikan bahwa 10 anggotanya menjadi korban pencegatan dan pelemparan batu oleh kelompok Pagar Nusa usai melakukan latihan. Bahkan empat orang anggotanya yang saat itu tidak bisa menyelamatkan diri sepeda motornya sempat dirusak oleh kelompok pagar nusa.

Karena merasa bertanggungjawab atas keselamatan anggotanya akhirnya terdakwa datang ke lokasi. Di sana terdakwa langsung pasang badan dengan dengan masksud melindungi anggotanya sekligus mendinginkan suasana. Namun usaha terdakwa gagal bahkan menyebabkan situasi semakin memanas.

Saat itu terdakwa tiba-tiba diserang oleh korban, namun berhasil ditangkis. Karena merasa terancam terdakwa kemudian memukul balik korban sebanyak satu kali mengenai wajahnya. Pernyataan terdakwa juga dibenarkan oleh ke emmpat saksi yang dihadirkan dalam persidangan.

Meskipun demkian, di hadapan majelis hakim terdakwa  merasa bersalah dan menyesal atas tindakan yang dilakukan. Tidak hanya secara personal, Naniek mengaku PSHT secara kelembagaan juga sudah berdamai dengan Pagar Nusa secara kelembagaan

(400 views)