Gubernur Tolak Usulan Bupati Hapus Anggaran Pengamanan Pilkada

Gubernur Jawa Timur menolak usulan bupati Jember yang akan menghapus seluruh anggaran pengamanan pilkada untuk TNI-Polri. Usulan ini disampaikan oleh bupati dalam rancangan perubahan perbup, yang kemudian ditolak melalui surat gubernur tentang evaluasi usulan perubahan perbup.

Wakil ketua DPRD Jember Ahmad Halim menjelaskan, pihaknya sudah menerima tembusan surat gubernur tertanggal 26 Mei 2020. Dari surat itulah DPRD Jember baru mengetahui, jika bupati menghapus seluruh anggaran pengamanan Pilkada untuk TNI dan Polri. Anehnya menurut Halim, disisi lain anggaran di Bappekab justru naik 5400 persen untuk pengadaan barang cetakan dan penggandaan.

Bahkan anggaran pelaksanaan pilkada untuk KPU dan Bawaslu juga ikut dipangkas. Karena sesuai aturan anggaran pilkada tidak boleh di geser agar tidak menghambat pelaksanaan, gubernur melalui surat evaluasi perubahan perbup menolak usulan tersebut.

Halim belum bersedia menyebutkan item apa saja yang menjadi evaluasi gubernur, karena tembusan surat gubernur baru diterima kemarin, dan hari ini masih akan dipelajari bersama tim pakar hukum.

(367 views)