Terkait Anggaran Covid-19, Polres Hadir Hanya Sebagai Undangan FGD

Kasat Reskrim Polres Jember AKP Fran Delanta Kembaren angkat bicara terkait informasi pendampingan anggaran Covid-19 Jember senilai 479 Milyar. Polres tidak pernah tahu asal usul pengganggarannya, dan akan disalurkan untuk apa saja.

Kepada sejumlah wartawan Fran menjelaskan, kehadirannya di pendopo wahyawibawa graha Rabu sore, untuk mewakili kapolres dalam rangka focus group discussion atau FGD. Dalam acara tersebut dirinya hanya mendengarkan saja jalannya diskusi yang juga dihadiri beberapa kepala OPD.

Polisi lanjut Fran, tidak memiliki kewenangan dan tidak akan melakukan mendampingi anggaran Covid-19. Polisi dalam hal ini bhabinkamtibmas, hanya akan mengawal penyerahan bantuan door to door, agar tidak terjadi kerumunan orang di satu titik tertentu untuk memutus rantai penyebaran corona, sedangkan Sat Reskrim akan melakukan pengawasan.

Pengawasan yang dilakukan meliputi penganggaran, pengadaan hingga distribusi. Jika terjadi penyimpangan dari ketiga proses tersebut, tentu pihaknya akan melakukan proses hukum. Dalam forum tersebut fran juga sudah tegas menyampaikan, bahwa sebagai Aparat Penagak Hukum tugasnya hanya mengawasi penggunaan anggaran-anggaran yang dikeluarkan, untuk menagani Covid-19.

(176 views)