Legislator Dapil Jember Lumajang Desak Gubenur Selesaikan Konflik Di Jember

Anggota DPRD Jawa Timur dapil Jember Lumajang akan segera meminta waktu untuk bertemu gubernur, agar polemik antara eksekutif dan legislatif di kabupaten Jember segera terselesaikan. Terlebih dalam rangka menangani pandemi Covid-19, yang tentu butuh kekompakan pemerintahan di daerah.

Ketua Komisi C DPRD Jatim yang juga Koordinator legislator dapil Jember Lumajang Mohammad Fawaid, mengaku prihatin kondisi yang terjadi di Jember. Informasi yang diperolehnya, meski menggunakan peraturan bupati pengganti APBD, penggelolaan anggaran tidak ada bedanya dengan menggunakan perda APBD.

Jika dibiarkan hal ini akan menjadi preseden buruk, dan bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain, dimana tidak perlu lagi membahas APBD bersama legisltaif, karena bisa dilakukan sendiri oleh eksekutif dengan menggunakan perbup. Karena itu dalam waktu dekat legislator dapil Jember Lumajang akan menemui gubernur, untuk mendorong gubernur mengambil langkah kongkrit yang memang menjadi kewenangannya.

Sementara kepala dinas infokom pemkab Jember Gatot Triono sebelumnya menjelaskan, Perbub ataupun Perda merupakan instrumen hukum yang berfungsi sama. Pada prinsipnya APBD digunakan untuk kepentingan masyarakat.

(158 views)