Komisi ASN Nyatakan Camat Tanggul Melanggar Netralitas

Komisi Aparatur Sipil Negara menilai, camat Tanggul Mohammad Ghozali yang mengarahkan warga menyampaikan salam dua periode, melanggar netralitas ASN. Surat keputusan ASN tersebut sudah diterima Pemkab Jember dan juga ditembuskan kepada Bawaslu.

Sekretaris Pemkab Jember Mirfano mengaku sudah menerima surat dari Komisi ASN, yang isinya menyatakan camat Tanggul melakukan pelanggaran disiplin sedang. Untuk sanksi yang akan dijatuhkan tentu menjadi kewenangan bupati sebagai pembina kepegawaian.

Sesuai undang-undang lanjut Mirfano, ada 3 jenis sanksi untuk pelanggaran disiplin sedang. Paling ringan penundaan gaji berkala selama satu tahun, jenis kedua penundaan kenaikan pangkat satu tahun, dan yang paling berat penurunan pangkat satu tahun. Sanksi apa yang akan diberikan dirinya masih menunggu keputusan bupati….Mirfano

Ketua Bawaslu Jember Thobroni Pusaka mengaku sudah menerima tembusan surat dari komisi ASN sabtu pekan lalu. Dalam surat tersebut komisi ASN menyatakan Camat Tanggul Mohammad Ghozali, melakukan pelanggaran netralitas ASN, dan memberikan waktu 14 hari kepada pembina kepegawaian dalam hal ini bupati, untuk menjatuhkan sanksi.

Sebelumnya beredar video camat Tanggul Mohammad Ghozali memberikan bantuan dari dinas sosial kepada masyarakat, kemudian mengarahkan agar penerima bantuan menyampaikan salam 2 periode untuk bupati. Bawaslu kemudian menjadikan kasusbtersebut sebagai temuan.

(95 views)