19 TKI Asal Jember dari Maladewa Dikarantina di JSG

Sebanyak 19 Tenaga Kerja Indonesia asal Jember yang baru pulang dari Negara Maladewa, Minggu dini hari langsung digiring untuk melakukan karantina selama 14 hari di JSG. Demikian yang disampaikan Kapolsek Sempolan AKP Suhartanto.

Kepada sejumlah wartawan Suhartanto menceritakan, sejak beberapa hari lalu pihaknya menerima informasi bahwa 19 TKI asal Jember yang bekerja di Maladewa akan kembali ke daerah asalnya. Diketahui mereka pulang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta, lalu menuju Bandara Ngurah Rai Bali.

Dari bali mereka kemudian menaiki bus travel sebanyak dua unit. Sesampainya di POS Garahan Kecamatan Silo mereka langsung diminta turun untuk dilakukan screening. Meski suhu tubuh mereka terbilang normal, namun karena baru saja dari zona merah mereka langsung diarahkan untuk melakukan karantina selama 14 hari di JSG.

Suhartanto mengaku mereka dengan sukarela tanpa ada penolakan, karena memang sebelum mereka pulang dari Maladewa sudah sepakat dengan keluarga dan kepala desa asal mereka bahwa akan mengarantina diri di JSG selama 14 hari.

Lebih jauh Suhartanto menjelaskan, dari 19 orang TKI yang baru pulang dari Maladewa tersebut berasal dari hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Jember, dengan terbanyak dari Kecamatan Tanggul dan Sumberbaru. Mereka terpaksa  pulang ke Indonesia karena perusahaan di Maladewa sudah tak mampu membayar tenaga kerjanya akibat pandemi covid-19.

(742 views)