Protap Penanganan Covid-19 Disampaikan Gubernur Jatim dalam Video Conference

Prosedur tetap penanganan Covid-19 sesuai surat Kemenkes sudah disampaikan oleh gubernur Jawa Timur bersama Kapolda dan Pangdam, dalam video conference dengan bupati walikota, kapolres dan dandim. Sehingga harusnya penanganan di tingkat provinsi dan daerah sama. Demikian disampaikan Sekdaprov yang juga komandan satgas Covid-19 Jawa Timur Heru Tjahjono.

Menurur Heru, gubernur menyarankan agar masyarakat menghindari kerumunan dan tidak bepergian. Untuk orang dalam resiko atau ODR serta orang dalam pantauan atau ODP katena mengalami gejala sakit atau bepergian keluar negeri, dilakukan observasi dan jika negatif maka langsung diijinkan pulang. Sedangkan yang masih ada keraguan bisa dirawat dengan status pasien dalam pantauan atau PDP.

Meski sudah dinyatakan negatif lanjut Heru, gubermur menekankan agar mengurangi kegiatan keluar rumah dan menerapkan social distancing. Artinya ODR dan ODP melakukan karantina mandiri dirumah masing-masing, serta mengurangi kegiatan berinteraksi dengan banyak orang diluar rumah.

Karena itulah pemprov  saat ini menerapkan sistem sehari kerja sehari libur bagi ASN, untuk mengurangi frekuensi ASN berintetaksi dengan banyak orang diluar rumah.

(1,201 views)