Janggal, Surat Mandat DPP PAN Mendahului Penjaringan Bacabup

Sejak Jumat dini hari beredar di media sosial, surat mandat DPP Partai Amanat Nasional kepada salah satu bakal calon bupati Jember, untuk menjalin komunikasi politik dengan DPD dan DPW, serta mencari partai koalisi untuk memenuhi syarat 20 persen. Namun anehnya surat tersebut tertanggal 7 Februari, padahal pendaftaran penjaringan bakal calon bupati baru dibuka sejak tanggal 18 sampai 21 Februari.

Ketua DPD PAN Jember Lilik Ni’amah ketika dikonfirmasi melalui telefon selularnya, mengaku baru mengetahui adanya surat tersebut Jum’at pagi dari media sosial. Selama ini dirinya juga belum pernah mendapat informasi baik formal ataupun informal tentang surat tersebut, dari DPW maupun DPP.

Tetapi jika melihat isinya, surat tersebut hanya sebatas surat mandat untuk menjalin komunikasi yang bisa diberikan kepada siapapun, tetapi bukan surat keputusan rekomendasi bacabup yang bersifat final. Meski demikian Lilik akan mencari informasi kebenaran surat tersebut kepada DPW dan DPP PAN.

Beredarnya surat mandate DPP PAN kepada salah satu bacabup menurut Lilik, tidak terlalu berpengaruh. Pihaknya akan tetap melanjutkan proses penjaringan sesuai juklak dan juknis, dimana beberapa hari kedepan memasuki tahap pemaparan visi misi bacabup di hadapan DPD dan DPC PAN Jember.

(626 views)