Bin Cigar Launching Jember Kota Cerutu Indonesia

 

Sejak jaman kolonial, wilayah kabupaten jember dikenal dengan potensi pertanian dan perkebunan, salah satunya komoditas tembakau dan kakao. Karena itu hari ini Bin Cigar sebagai salah satu produsen cerutu yang berada di Jember, menggagas Jember sebagai Kota Cerutu Indonesia.

Salah satu komisaris BIN Cigar Agusta Jaka Purwana menjelaskan, Kontur tanah di jember sangat cocok untuk ditanami tembakau. Karena itu Bin Cigar terus mengembangkan berbagai jenis varian tembakau, untuk nantinya diolah menjadi cerutu dengan skala ekspor.

Bahkan saat ini lanjut Agusta, Bin Cigar sudah berhasil membudidayakan tembakau Kuba yang kita kenal sebagai produsen cerutu terbaik dunia. Tembakau Kuba ini kemudian dikombinasikan dengan tembakau Asli Jember, sehingga menghasilkan cerutu dengan kualitas premium.

Cerutu produksi Bin Cigar menurut Agusta, saat ini sudah berhasil menembus pasar internasional. Melihat permintaan yang terus meningkat, kedepan Agusta berharap petani di Jember juga bisa menanam varietas serupa, agar petani tembakau tidak lagi kesulitan pasar.

Dengan proses manual Bin Cigar mampu memproduksi 2 ribu batang perhari. Dengan diresmikannya Pabrik Bin Cigar oleh ketua DPD RI Lanyala Mataliti Sabtu siang, diperkirakan kaapsitas produksi bisa naik menjadi 800 ribu batang perhari.

Dengan potensi tembakau yang dimiliki kabupaten Jember ini, Bin Cigar berkeinginan menjadikan Jember sebagai kota cerutu Indonesia, yang selain bisa meningkatkan ekonomi lokal juga diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisata di kabupaten Jember.

(738 views)