Pimpinan Dewan Belum Terima Surat Usulan Hak Interpelasi

ITQANMeski sepekan terkahir wacana penggunaan hak interpelasi oleh DPRD terus bergulir, sampai Senin siang pimpinan DPRD Jember belum menerima surat usulan tersebut. Hal ini ditegaskan ketua DPRD Jember Itqon Syauqi Senin siang.

Menurut Itqon sejauh ini pimpinan DPRD masih menunggu, apakah nantinya anggota dewan akan mengusulkan penggunaan hak interpelasi atau langsung hak angket, untuk menyikapi tidak adanya formasi CPNS 2019 di kabupaten Jember. Kemungkinan saat ini masih dilakukan penggalangan tanda tangan di tingkat fraksi.

Jika surat usulan sudah masuk kepada pimpinan dan dinyatakan memenuhi syarat pengusulan, yakni diajukan minimal 7 orang anggota dewan yang berasal lebih dari satu fraksi, maka pimpinan akan mengagendakan paripirna melalui rapat badan musyawarah. Dalam paripurna inilah nantinya akan diputuskan, hak Interpelasi atau hak angket bisa dilaksanakan atau tidak.

Diberitakan seluruh fraksi DPRD Jember selain fraksi Nasdem, mendukung digunakannya hak interpelasi, untuk meminta klarifikasi dari bupati terkait tidak adanya formasi CPNS 2019 di kabupaten Jember. Sementara fraksi nasdem sendiri sejauh ini belum menentukan sikap, akan mendukung atau menolak penggunaan hak-hak dewan.

(475 views)