Komunitas Pengawal Ambulance Melanggar Aturan

Komisi C DPRD Jember minta Disnas Perhubungan dan Satlantas Polres Jember, memberikan pemahaman kepada komunitas pengawal ambulance yang saat ini kian marak, bahwa aktifitas mereka melanggar aturan. Sebab mereka tidak memiliki dasar kewenangan melakukan pengawalan.

Ketua komisi C DPRD Jember David Handoko Seto mengaku mendapat banyak keluhan dari masyarakat, tentang komunitas pengawal ambulance Yang kerap membahayakan pengguna jalan lainnya. Apalagi disaat mereka menerobos lampu merah untuk membukakan jalan ambulance yang ada di belakangnya.

Menurut David komunitas sosial ini tidak memiliki landasan hukum untuk melalukan pengawalan. Jika terjadi sesuatu dijalan tentu akan menimbulkan persoalan baru. Untuk itu David berharap dinas perhubungan dan satlantas polres Jember, segera memberikan pemahaman kepada mereka, untuk menghemtikan aktifitasnya, sebelum dilakukan tindakan lebih tegas.

Kepala Dinas perhubungan Hadi Mulyono mengakui, elemen masyarakat apapun tidak berhak melakukan pengawalan kendaraan, karena yang memiliki kewenangan tersebut hanya pihak kepolisian. Hadi berjanji akan segera berkoordinasi dengan satlantas polres Jember, untuk melakukan sosialisasi kepada komunitas tersebut.

(535 views)