BPBD Masih Kesulitan Padamkan Api di Lereng Atas Pegunungan Argopuro

 

Badan Penangguoangan Bencana Daerah atau BPBD Jember, sejauh ini sudah berhasil memadamkan kebakaran hutan di lereng bawah pegunungan Argopuro. Namun untuk lereng bagian atas belum berhasil dijangkau, karena medan yang cukup sulit.

Kepala seksi kedaruratan BPBD Jember Asrah menjelaskan, Kebakaran hutan di lereng argopuro  yang terjadi Minggu malam, masuk di 3 wilayah kecamatan yakni Arjasa, Patrang dan Jelbuk. Hingga Senin siang kebakaran di lereng bagian bawah sudah berhasil dipadamkan. Namun untuk lereng atas tepatnya disekitar cikasur, hingga kini belum bisa dijangkau, karena medan yang sangat sulit.

Asrah menjelaskan titik apii lereng argopuro cukup banyak dan menyebar. Saat ini BPBD terus melakukan assesment, dengan menyusuri wilayah yang berpotensi mengalami kebakaran dari jalur air terjun tancak hingga Cikasur.

Asrah juga menghimbau kepada masyarakat sekitar hutan dan pendaki, agar tidak melakukan pembukaan jalan dengan cara membakar. Sebab kondisi kemarau seperti ini banyak sekali daun dan ranting kering, yang sangat mudah terbakar hingga menyebabkan api cepat menjalar.

(633 views)