Nurul Gufron Akan Ajukan Judicial Review Terhadap UU KPK

Dekan fakultas hukum Unej yang juga pimpinan KPK terpilih Nurul Gufron, berencana mengajukan Judicial review terhadap Undang-Undng KPK, jika persoalan batas usia minimal menghambat terbitnya SK Komisioner KPK.

Menurut Gufron, dalam undang-undang KPK yang baru disebutkan batas usia minimal pimpinan KPK 50 tahun, sementara dieinya saat ini masih berusia 45 tahun. undang-undang KPK yang baru tersebut disahkan, sesaat setelah semua proses seleksi calon pimpinan KPK selesai, dan sudah diparipurnakan oleh DPR RI. Bahkan persetujuan presiden terhadap 5 pimpinan KPK terpilih juga sudah turun.

Karena saat proses seleksi hingga selesai menggunakan undang-undang yang lama, maka saat itu usianya masih memenuhi syarat. Memang harusnya undang-undang yang baru mengakomodir hasil seleksi yang sudah disahkan sebelumnya. Jika memang mulai diberlakukannya Undang-undang KPK ini menghambat terbitnya SK pimpinan KPK terpilih, Gufron memastikan akan mengajukan Judicial review.

Meski demikian gufron berharap ada peraturan peralihan undang-undang untuk mengakomodir hasil seleksi pimpinan KPK yang sudah di paripurnakan DPR RI dan disetujui presiden, sehingga dirinya tidak perlu mengajukan Judicial review.

(214 views)