Makin Kumuh TPA Pakusari Tak Lagi Jadi Lokasi Wisata Edukasi

TPAKondisi Tempat Pembuangan Akhir TPA Pakusari semakin memprihatinkan, TPA yang dulunya menjadi tempat wisata edukasi, saat ini sudah tidak bisa lagi. Sebab tumpukan sampah sudah merata, bahkan sampai menutupi areal taman wisata edukasi sampah.

Ketua komisi C DPRD Jember David Handoko Seto mengatakan, Rabu pagi komisi C melihat langsung lokasi TPA Pakusari. Ternyata alat berat yang selama ini untuk mengeruk dan meratakan sampah sudah banyak yang rusak. Akibatnya sampah ada dimana-mana. Apalagi mesin daur ulang sampah menjadi Bahan bakar juga tidak berfungsi.

Karena itulah sampah di TPA Pakusari semakin menumpuk. Apalagi sejumlah TPA di kecamatan lain sudah tidak difungsikan, sehingga produksi sampah di seluruh kabupaten Jember yang mencapai 140 ton perhari, menumpuk jadi satu di Pakusari.

Sementara koordinator TPA Pakusari Farid Bahtiar menjelaskan, sebenarnya TPA pakusari memiliki 4 alay berat, namun hanya 1 yang bisa difungsikan. Untuk memilah sampah harus dilakukan secara manual, dengan memakai tenaga pemulung.

(735 views)