Masyarakat dan Pemkab Diharapkan Tetap Kompak Tolak Tambang Emas

Pengurusan ijin tambang di daerah tidak bisa dihapuskan. Sehingga yang bisa dilakukan jika memang menolak tambang, masyarakat bersama pemkab harus kompak menolak masuknya investor. Demikian disampaikan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur Ahmad Hadinudin.

Menurut Hadi, Pemprov memiliki progam mendekatkan pelayanan perijinan kepada masyarakat melalui Bakorwil. Tetapi yang bisa diurus di daerah hanya urusan administrasi saja. Sedangkan kewenangan untuk mengeluarkan ijin tetap berada di masing-masing OPD di Pemprov Jawa Timur.

Teemasuk ijin tambang, tidak bisa dihilangkan karena di dalamnya menyangkut seluruh jenis pertambangan. Khusus untuk tambang emas yang selama ini mendapat penolakan keras dari masyarakat, maka pemkab bersama masyarakat harus kompak menolak, sehingga pemprov tidak akan mengeluarkan ijin masuknya investor tambang emas ke Jember.

Hadi khawatir pemkab bersama masyarakat tidak kompak, sehingga peluang masuknya investor tambang emas makin terbuka lebar. Sebelumnya tokoh masyarakat desa Pace Silo Ustad Taufiq, mengancam akan melakukan aksi turun jalan bersama ribuan masyarakat Silo, jika ijin tambang dipermudah.

(220 views)