SK GTRA Tak Kunjung Diterbitkan Ribuan Petani Demo Bupati

demoRibuan oetani yang tergabung dalam Serikat Petani Independen atau Sekti, Senin pagi menggelar aksi unjukrasa di kantor Pemkab Jember. Mereka mendesak bupati segera mengeluarkan SK Pembentukan Gugus Tugas Reforma Agraria atau (GTRA)

Menurut ketua Sekti Jember Jumain, merujuk pada UU nomor 86 tahun 2018, untuk mempercepat penyelesaian sengketa pertanahan, kepala daerah harus segera meng-SK kan GTRA, yang sudah sejak lama ditetapkan oleh pihak BPN. Jika tidak, maka kewenangan tersebut bakan diambil alih oleh pemprov Jawa Timur.

Jumain menjelaskan, saat ini konflik agraria yang melibatkan petani setidaknya terjadi di 12 titik di Kabupaten Jember. Sekti Jember saat ini meminta komitment bupati untuk mensejahterakan petani yang sudah puluhan tahun tidak mendapat kejelasan, salahsatunya dengan memberikan SK kepada GTRA. Sayangnya massa Sekti tidak berhasil menemui bupati karena sedang berada di luar kota.

Aksi kemudian dilanjutkan di gedung DPRD Jember. Wakil ketua DPRD Jember Ahmad halim sepakat dan mendukung tuntutan Sekti. Sebab menurut Halim, semua landasan hukumnya sudah sangat jelas. Untuk itu DPRD dan seluruh forkopimda sepakat mendukung, mendesak dan mendorong agar pemkab segera mengeluarkan SK GTRA.

(489 views)