Ratusan Mahasiswa Demo Desak Pemerintah Batalkan UU KPK

demoRatusan mahasiswa yang menamakan dirinya cipayung plus, Senin pagi menggelar longmarch dan aksi unjukrasa di Gedung DPRD Jember. Mereka menyerusan 3 tuntutan, diantaranya pembatalan undang-Undang KPK yang dinilai menyalahi prosedur pembuatan undang-undang.

Korlap Aksi Andi Saputra mengatakan, dalam aksi ini GMNI, HMI, KAMMI dan IMM yang tergabung dalam cipayung plus, menyuarakan 3 poin tuntutan kepada pemerintah. Di antaranya pembatalan UU KPK, pencabutan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan. yang dinilai menyalahi prosesur proses pembuatan undang-undang dan terkesan dipaksakan.

Pengesahan UU KPK dinilai langkah pemerintah yang terkesan mendukung tindak pidana korupsi. Sedangkan dalam RUU KUHP dan Pemasyarakatan, dinilai justru akan menurunkan efek jera terhadap pelaku tindak pidana. Cipayung plus menilai peraturan yang dibuat oleh pemerintah terburu-buru dan terkesan ngawur, sehingga harus dibatalkan.

Sementara Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim yang menemui perwakilan mahasiswa mengatakan, DPRD tidak memiliki kewenangan terkait persoalan undang-undang. Untuk itu pihaknya hanya bisa memfasilitasi untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa ke DPR RI melalui faximile hari ini juga, agar aspirasi tersebut bisa segera ditindaklanjuti oleh DPR RI.

(503 views)