Ditolak Karena Tidak Mampu Menyumbang Cakades Balung Lor Lapor Polisi

f5e183b6-94a0-4273-bb13-64872bf65a6d

Mulyono salah satu Bakal Calon Kepala Desa Balung Lor Kamis siang mendatangi Mapolres dan Pemkab Jember, untuk melaporkan pencoretan dirinya sebagai calon kades, karena tidak mampu memberikan uang sumbangan.

Mulyono yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang cukur rambut ini menjelaskan, dirinya mendatangi Mapolres Jember untuk melaporkan kasus yang dialaminya. Panitia Pilkades Desa Balung Lor menolak pencalonannya, karena tidak mampu membayar sumbangan pilkades.

Padahal sesuai Perbup 45 dan dikuatkan lagi dengan pernyataan Bupati, sumbangan tidak mengikat dan bukan menjadi syarat mutlak pencalonan. Namun kenyataannya di Desa Balung Lor sumbangan bersifat wajib, sehingga dirinya yang tidak mampu menyumbang ditolak oleh panitia.

Usai mendatangi Polres Jember Mulyono mendatangi Kantor Pemkab, untuk meminta solusi langsung kepada bupati. Namun sayangnya Mulyono tidak berhasil menemui Bupati, karena menurut stafnya Bupati sedang berada di luar kantor.

Sementara Kasat Reskrim Polres Jember AKP Yadwivana Jumbo Qatason, mengakui sudah menerima laporan tersebut. Meski demikian pihaknya masih harus melakukan kajian atas laporan tersebut, salah satunya dengan melakukan klarifikasi kepada para pihak termasuk calon lain, yang akan dilakukan senin pekan depan.

(686 views)