Puluhan Alat Tangkap Lobster Tidak Ramah Lingkungan dimusnahkan

c763d994-31c9-4d6c-8b11-b239476e9095

Puluhan alat tangkap lobster yang diserahkan oleh pemiliknya, Kamis pagi dimusnahkan dengan cara dibakar, di sekitar Pantai Pancer Puger. Pemusnahan ini dilakukan atas kerjasama Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan atau SDKP Bali dan Banyuwangi, serta Polairud Polres Jember.

Kasat Polairud Polres Jember Akp Hari Pamuji menjelaskan, setelah dilakukan sosialisasi dan himbauan agar masyarakat tidak menggunakan alat tangkap lobster tidak ramah lingkungan. Akhirnya Rabu sore, , ada sekitar 20 nelayan di kecamatan puger, berbondong-bondong menyerahkan alat tangkap lobster tidak ramah lingkungan, ke Pangkalan  PSDKP Benoa di Pantai Pancer Puger. Selanjutnya dengan disaksikan langsung oleh sejumlah nelayan, puluhan alat tangkap lobster tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar.

Tidak hanya itu, usai pemusnahan tersebut juga dibangun komimen bernama dengan sejumlah nelayan, agar ke depannya tidak ada lagi nelayan yang nekat menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. Sebab selain karena sesuai peraturan menteri kelautan dan perikanan memang dilarang, juga bersama-sama menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan demi anak cucu mereka.

Dengan adanya pemusnahan ini hari berharap, selurh nelayan di Kabupaten Jember, tidak ada lagi yang menggunakan alat tangkap lobster maupun ikan yang tidak ramah lingkungan. Hari juga memastikan akan melakukan sosialisasi lebih lanjut kepada kelompok nelayan Jember.

(536 views)