Dikira Barang Antik Warga Sukowono Nekat Curi Patung Ritual Umat Konghucu untuk dijual

IMG_20190806_155936

Diduga kuat mencuri patung ritual umat agama Kunghucu di tempat pemakaman keluarga di Desa Kalisat, warga Desa Sumberwaru Kecamatan Sukowono berinisial SG, Selasa siang ditangkap polisi. Sementara seorang tersangka lainnya hingga saat ini masih dalam proses pengejaran.

Kapolsek Kalisat AKP Sukari menceritakan, hari Munggu tanggal 28 Juli lalu, pihaknya menerima laporan dari korban bernama Yoyok Tri Basuki, bahwa patung ritual yang berada di tempat pemakaman keluaganya hilang dicuri orang. Setelah seminggu dilakukan penyelidikan, akhirnya polisi menemukan patung tersebut berada di rumah tersangka. Saat itu juga tersangka beserta barang buktinya digelandang ke Mapolsek Kalisat.

Saat diintrogasi tersangka mengaku melakukan aksinya dengan rekannya berinisial AH, yang hingga saat ini masih dalam proses pengejaran. Agar tidak diketahui warga, kedua tersangka melakukan aksinya pada tengah malam, dengan cara melompat pagar.

Tersangka mengaku sengaja mencuri patung yang terbuat dari batu giok karena dikira barang antik yang laku dijual. Bahkan tersangka sudah sempat menawarkan kepada pembeli seharga dua ratus juta rupiah.

Lebih lanjut Sukari menjelaskan, dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti berupa sebuah patung ritual milik korban. Akibat perbuatannya tersangka dijerat Pasal 363 KUHP, dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

(1.165 views)