Sempat Dihentikan PPDB SMA Negeri Kembali Dibuka

Setelah sempat dihentikan sementara selama hampir 9 jam, Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPBD SMA Negeri sudah kembali berjalan normal. Sebelumnya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sempat menghentikan sementara sistem PPDB, pasca aksi unjuk rasa ratusan wali murid di Surabaya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Jember Lumajang Lutfi Isa Anshori Kamis pagi menjelaskan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebelumnya memang memutuskan untuk menghentikan sementara proses PPDB, sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemendikbud.

Hal ini juga sempat dipertanyakan oleh sejumlah wali murid, yang selama ini intens mengikuti dan memperhatikan perkembangan pendaftaran online. Sehingga sekitar pukul 00.30 dini hari tadi, sistem kembali dibuka dan sudah bisa berjalan normal.

Di Jember sendiri lanjut Lutfi, masih banyak wali murid yang belum mendaftar secara online. Hal ini memang menjadi salah satu strategi wali murid, untuk memantau terlebih dahulu di sekolah mana peluang terbesar anaknya diterima. Sehingga kemungkinan besar mereka baru akan mendaftar di hari terakhir.

Yang perlu dipahami masyarakat menurit Lutfi, calon peserta didik baru SMA-SMK di Jember memcapai 11 ribu orang. Sementara kuota SMA-SMK Negeri hanya sekitar 5 ribu lebih. Sehingga dengan mekanisme penerimaan seperti apapun, tidak mungkin bisa semua diterima di sekolah negeri.

(406 views)