Kedua Terdakwa Kasus OTT Dispenduk Masing-Masing divonis 1 Tahun Penjara

IMG-20190525-WA0002(sumber foto: akuratnews.com)

Pengadilan Tipikor Surabaya menjatuhkan vonis masing-masing 1 tahun penjara, dan denda masing-masing 50 juta rupiah subsider 1 bulan kurungan, terhadap dua terdakwa kasus OTT Dispenduk. Artinya vonis yang dijatuhkan majelis hakim 6 bulan lebih ringan dari tuntutan jaksa.

Mohammad Nuril selaku kuasa hukum terdakwa Abdul Kadar menjelaskan, dalam putusannya Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya menilai, kedua terdakwa Sri Wahyuni dan Abdul Kadar terbukti secara sah dan meyakinkan, melakukan pelanggaran sesuai dakwaan alternatif kedua yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum.

Selama persidangan menurut Nuril, sama sekali tidak dijelaskan adanya pihak lain yang menerima aliran dana pungli adminduk yang dilakukan oleh kedua terdakwa. Sehingga bisa disimpulkan tidak ada kemungkinan penambahan tersangka lain dalam kasus ini.

Dengan demikian jika terdakwa dan jaksa tidak mengajukan banding, maka kasus ini dinyatakan sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Diberitakan sebelumnya Jaksa Penuntut Umum meminta Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya, menjatuhkan vonis masing-masing 1,5 tahun penjara.

(479 views)