PMII Tagih Komitmen Gubernur Jatim Menolak Tambang

IMG-20190524-WA0015Tepat 100 hari kerja Gunernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, puluhan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia PMII Cabang Jember, menggelar aksi unjukrasa menagih komitmen Gubernur untuk menolak tambang.

Korlap Aksi Baijuri menjelaskan, pihaknya menyayangkan belum adanya ketegasan dari Gubernur Jawa Timur terhadap industri pertambangan yang ada di Jawa Timur, padahal hari ini sudah masuk 100 hari kerjanya. Di sisi lain dalam Perda RTRW Jawa Timur, terdapat sejumlah titik agro industri yang ditetapkan sebagai kawasan tambang.

Karena itu bertepatan dengan 100 hari kerja Gubernur Jawa Timur, PMII Cabang Jember menagih janji dan komitmen Khofifah untuk menciptakan Jatim harmoni. Eksploitasi pertambangan selama ini menjadi pemicu terjadinya konflik di masyarakat, sehingga dirasa perlu dilakukan revisi Perda RTRW Jawa Timur.

Sementara Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Jember Mohammad Hafidi, menyatakan mendukung penuh keinginan mahasiswa agar Jawa Timur bebas pertambangan mineral. Hafidi berjanji akan meneruskan aspirasi mahasiswa tersebut ke DPRD Jawa Timur. Selain FKB Fraksi Golkar, Nasdem dan PKS juga sepakat menolak tambang.

(315 views)