Pansel Calon Anggota KPU Terima Sejumlah Pengaduan Masyarakat

Panitia Seleksi Rekrutmen Calon Anggota KPU Zona 7 yang meliputi Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi, menerima sejumlah aduan masyarakat tentang rekam jejak peserta seleksi.

Ketua Pansel Calon Anggota KPU Zona 7 Muhammad Nur Harisudin menjelaskan, pengaduan masyarakat yang masuj bukan hanya terhadap peserta baru, tetapi juga terhadap sejumlah nama incumbent. Meski demikian tentu saja laporan tersebut tidak bisa serta merta diterima, tetapi harus di cek terlebih dahulu kebenarannya.

Untuk mengecek kebenarannya menurut Harisudin, pihaknya memiliki beberapa langkah di antaranya meminta klarifikasi langsung kepada peserta yang diadukan, atau bisa juga dengan meminta keterangan dari pihak-pihak lain termasuk kepada pelapor.

Sebelumnya Ketua LSM Transparansi Akuntabilitas dan Partisipasi Publik Miftahul Rahman, mengadukan 4 peserta incumbent kepada Panitia Seleksi Calon Anggota KPU. Miftahul Rahman meminta pansel mendiskualifikasi keempat incumbent calon Anggota KPU Jember.

Alasannya dalam pemilu kemarin banyak terjadi kejanggalan, seperti pergeseran perolehan suara yang masih hampir disemua daerah pemilihan. Dugaan perubahan perolehan suara yang dilakukan oleh KPPS tanggul, untuk menguntungkan partai atau caleg tertentu. Belum. Lagi masalah Caleg Hanura yang namanya tidak tercantum dalam surat suara.

(216 views)