Hanura Bakal Laporkan Komisioner KPU Jember ke DKPP

Buntut dari kasus hilangnya nama caleg dari Partai Hanura di Dapil 2, yang hingga saat ini belum ada kepastian, DPC Partai Hanura Jember dalam waktu dekat bakal melaporkan Komisioner KPU Jember ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, atau DKPP.

Divisi Hukum dan Advokasi Hanura Jember Hadi Eko Yucdi Yuchendi kepada sejumlah wartawan menjelaskan, meski pemilihan DPRD Jember Dapil 2 bermasalah dengan kasus hilangnya nama Caleg Hanura, namun ternyata KPU Jember tetap saja melanjutkan proses rekapitulasi sura Dapil 2. Padahal Bawaslu Jember sebelumnya juga sudah merekomendasikan agar rekapitulasi suara Dapil 2 Jember ditunda hingga ada petunjuk dari KPU Provinsi dan KPU Pusat.

Karena itulah, pihaknya akan menempuh jalur hukum. Pihaknya akan melaporkan Komisioner KPU Jember ke DKPP. Bahkan menurut Hadi pihaknya juga akan melakukan gugatan ke PTUN, untuk membatalkan pemungutan suara untuk DPRD Jember Dapil 2. Karena memang Hadi menilai kesalahannya sudah sangat fatal, dan merugikan Partai Hanura sebagai partai politik.

Sementara Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi saat dikonfirmasi secara terpisah menjelaskan, pihaknya sangat menghormati langkah hukum yang akan ditempuh oleh Hanura, terkait persoalan yang terjadi di Dapil 2. Hanafi menilai langkah hukum yang dilakukan partai politik memang sudah diatur dan dilindungi oleh undang-undang.

(291 views)