Jelang Ramadan Harga Bawang Putih dan Bawang Merah Naik 50 Persen

IMG-20190430-WA0012Per hari ini harga bawang putih dan bawang merah di pasaran, mengalami kenaikan 40 hingga 50 persen. Karena itu Perwakilan Bank Indonesia Jember meminta pemerintah se Eks Karesidenan Besuki dan Lumajang atau Sekarkijang, segera melakukan upaya untuk menjamin ketersediaan stok, agar harga tidak terus melambung tinggi menjelang pelaksaan ibadah puasa Ramadan.

Kepala Tim Advisory Dan Pengembangan Ekonomi Perwakilan Bank Indonesia Jember, Lukman Hakim kepada sejumlah wartawan menjelaskan, beradasarkan pantauan harga kebutuhan pokok di laparngan, per bulan April memang mulai merangkak naik. Bahkan untuk komuditas bawang putih dan bawang merah per hari ini, mengalami kenaikan 40 hingga 50 persen, kemudian juga disusul oleh cabe merah dan cabe rawit.

Mengingat wilayah Sekarkijang bukan penghasil bawang merah dan bawang putih, dan selama ini mendatangkan dari Jawa Tengah dan Probolinggo, BI Jember menyarankan pemerintah se Sekarkijang melakukan upaya-upaya untuk menjamin ketersediaan bawang putih dan bawang merah, termasuk bahan pokok lainnya, agar harga bahan  pokok menjelang hingga pasca ramadan tetap stabil.

Meski harga bahan pokok terus merangkak naik, Lukman maminta agar masyarakat tidak melakukan panik buying. Sebab Lukman yakin pemerintah mampu menjamin ketersediaan bahan pokok menjelang hingga pasca pelaksanaan ibadah puasa Ramadan.

Lebih lanjut lukman menjelaskan, pihaknya bersama pemerintah dan satgas pangan sudah melakukan pemantauan hingga tingkat kecamatan. Sehingga jika nantinya terjadi kekurangan stok bahan pokok di tingkat kecamatan, dalam waktu singkat akan langsung disikapi.

(357 views)