Dinilai Masih Bermasalah Rekapitulasi Suara DPRD Jember Dapil 2 Dipending

IMG-20190429-WA0017Dinilai masih menyisakan persoalan, rekapitulasi perolehan suara DPRD Jember Daerah Pemilihan 2 ditunda. Hal ini dilakukan karena terjadi kesalahan cetak dalam surat suara, dimana salah satu Caleg Hanura tidak tercantum.

Jumadi salah satu saksi dari Partai Hanura mengatakan, Partai Hanura dalam kasus ini jelas merasa dirugikan. Apalagi Caleg bersangkutan sudah turun ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi, namun kenyataannya nama yang bersangkutan tidak ada dalam surat suara.

Karena itu Jumadi minta kepada KPU, karena masih menyisakan masalah proses rekapitulasi khusus perolehan suara DPRD Jember Dapil 2 untuk ditunda, sampai ada keputusan seperti apa solusinya. Namun untuk perolehan suara DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi tetap bisa dilanjutkan.

Sekretaris DPD PKS Jember Nur Hasan, lebih memilih menunggu apapun keputusan penyelenggara pemilu. meski secara pribadi sebagai partai yang mendapatkan satu kursi di Dapil 2, dirinya berharap tidak sampai dilakukan pemungutan suara ulang. Tetapi jika menurut penyelenggara persoalan ini secara hukum dapat membatalkan hasil, apa boleh buat PKS akan tunduk dan mengikuti mekanismeyang berlaku.

Sementara Ketua Bawaslu Jember Imam Thobrony Pusaka, mengaku beberapa waktu lalu sudah mengundang perwakilan pemantau pemilu dan Partai Hanura untuk proses klarifikasi. Namun untuk KPU sendiri meminta penundaan klarifikasi, karena masih sibuk menyiapkan proses rekapitulasi.

Tobrony berharap klarifikasi dengan KPU bisa segera dilakukan setidaknya hari ini atau besok, agar Bawaslu bisa cepat memutuskan rekomendasi apa yang harus dilakukan, agar tidak sampai mengganggu proses rekapitulasi tahap selanjutnya.

(940 views)