Kaliwates dan Patrang Belum Selesaikan Rekapitulasi Suara

Hingga Jumat siang hanya Kecamatan Patrang dan Kaliwates, yang belum selesai melakukan rekapitulasi suara tingkat kecamatan. Bawaslu menargetkan hari ini kedua kecamatan tersebut bisa menyelesaikan proses rekapitulasinya.

Komisioner Bawaslu Jember Dwi Endah Prasetyowati menjelaskan, memang masing-masing kecamatan berbeda kondisi dan situasinya, sehingga kendala yang dialami juga berbeda. Untuk Patrang dan Kaliwates, selain jumlah TPS yang sangat banyak, juga ada beberapa ketidaksesuaian C1. Sehingga perlu dilakukan pembukaan kotak suara untuk memeriksa kembali C1 Plano.

Sesuai prosedur lanjut Endah, jika terjadi ketidaksesuaian C1 maka langkah pertama membuka kotak untuk mencocokkannya dengan plano, dengan disaksikan oleh Panwaslu dan seluruh saksi. Jika ternyata masih juga terjadi ketidaksesuaian, baru Bawaslu akan merekomendasikan hitung ulang hingga pemungutan suara ulang. Bawaslu menargetkan hari ini rekapitulasi semua kecamatan bisa selesai.

Selain faktor ketidaksesuaian data, Endah menilai SDM di lapangan kondisinya terforsir sehingga sedikit lambat. Endah berharap rekapitulasi terselesaikan hari ini, sehingga ada waktu bagi Bawaslu Kabupaten menyiapkan data pembanding, untuk rekapitulasi Kabupaten 28-29 Mei mendatang.

(202 views)