Kauje Minta Masyarakat Percaya KPU

Ketua Keluarga Alumni Universitas Jember Ali Maskur Musa, berharap masyarakat percaya terhadap kinerja KPU. Jika memang ada permasalahan di lapangan, pihak yang tidak puas bisa melakukan langkah konstitusi dengan mengajukan gugatan, ataupun laporan pidana pemilu.

Melalui telepon selularnya Ali Maskur Musa menjelaskan, pemilu serentak saat ini memang baru pertama kalinya dilaksanakan. Secara pribadi dirinya melihat kinerja KPU sudah cukup baik, apalagi dengan tingkat partisipasi mencapai 80 persen. Beberapa kekurangan yang terjadi merupakan bahan evaluasi agar kedepan lebih baik lagi.

Salahsatu bentuk kedewasaan berdemokrasi lanjut Ali, adalah percaya dan menerima apapun hasil pemilu. Jika dalam pelaksanaannya di lapangan terjadi pelanggaran, ada mekanisme yang bisa ditempuh di antaranya laporan pidana pemilu atau gugatan hasil pemilu melalui Mahkamah Konstitusi.

Ali berharap tidak ada gerakan-gerakan masyarakat yang mengarah kepada deligitimasi KPU sebagai penyelenggara pemilu. Jika hal. Ini terjadi maka demokrasi di Indonesia tidak akan berjalan baik. Ketika KPU sudah tidak dipercaya lagi, kemudian siapa yang akan menjadi penyelenggara pemilu di Indonesia.

(242 views)