Sejumlah Progam Diluncurkan untuk Menekan Angka Stunting di Jember

Untuk menekan tingginya angka stunting di Kabupaten Jember, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana, melakukan sejumlah progam kegiatan, di antaranya progam bina keluarga balita yang bertujuan memberikan pemahaman dan mengatur gizi.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Suprihandoko menjelaskan, stunting terjadi ketika balita tidak terpenuhi asupan gizinya. Pernikahan usia dini menjadi salah satu pemicu, karena kurangnya pemahaman tentang pemenuhan gizi.

Karena itu lanjut Suprihandoko, saat ini pihaknya melalui kader di tingkat desa bahkan dusun yakni Sub PPKBD, menggalakkan sejumlah progam seperti penyuluhan, kepada kelompok-kelompok perempuan semacam Posyandu.

Lebih jauh Supri menjelaskan, sejauh ini dari hasil evaluasi yang dilakukan, di Jember setidaknya ada 11 Desa yang memiliki tingkat stunting tinggi. Di antaranya Desa Gambisan dan Patemporan Kalisat, Desa Sukogidri dan Slateng Ledokombo, dan Desa Jelbuk Kecamatan Jelbuk. Karena itu progam sosialisasi di fokuskan di 11 kecamatan tersebut.

(309 views)