PTPN 12 Berikan Pesangon 8 Juta Rupiah Kepada Buruh yang Diberhentikan

IMG-20190405-WA0020

 

PTPN 12 akhirnya bersedia membayar pesangon senilai 8 juta rupiah per orang, kepada seluruh buruh yang diberhentikan dari pekerjaannya beberapa waktu lalu. Keputusan ini diperoleh setelah melalui proses mediasi di Komisi D DPRD Jember Jumat pagi.

Manager PTPN 12 Ignatius Purwo Wiliyantoko menjelaskan, dalam proses mediasi yang difasilitasi Komisi D DPRD Jember, pihaknya dan buruh sepakat diberikannya pesangon senilai 8 juta rupiah perorang. pesangon tersebut akan langsung dibayarkan usai hearing.

Agnatius menjelaskan, sebenarnya pesangon yang sudah diberikan senilai 3 juta rupiah per orang. Tetapi karena dalam mediasi disepakati senilai 8 juta per orang, maka kekurangannya akan diberikan dari uang pribadi patungan sejumlah pejabat PTPN 12, dan akan langsung diberikan saat ini juga. Peristiwa ini menurut Ignatius, menjadi evaluasi bagi PTPN 12 untuk memperbaiki sistem kerjasama dengan buruh harian lepas.

Sementara Jubir DPK GMNI Hukum Rizaldi Abdullah menjelaskan, kasus yang terjadi di PTPN 12 saat ini merupakan awal baginya, untuk mengawal banyak kasus ketenagakerjaan lain di Kabupaten Jember. Sebab dari pantauannya masih banyak persoalan lain, seperti tidak diberikannya gaji dan jaminan sosial karyawan oleh perusahaan.

(179 views)