Polisi Akan Tindak Tegas Pengendara yang Berkendara Sambil Merokok

 

IMG-20190405-WA0032

Puluhan pengendara yang melintas di bundaran dprd jember, jumat pagi diberhentikan oleh Satlantas Polres Jember. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019, yang menyebut bahwa pengendara yang merokok sambil berkendafra akan dikenakan sanksi tilang.

Kasat Lantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael menjelaskan, sesuai pasal 6 huruf C Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor, pengendara yang sedang berkendara dilarang merokok. Namun karena hingga saat ini belum ada petunjuk teknis dari Polda Jawa Timur, akhirnya satlantas Polres Jember hanya sekedar menyosialisasikan permen tersebut kepada masyarakat.

Dalam sosialisasi yang dilakukan oleh Satlantas Polres Jember bersama Dinas Perhubungan Jember di Bundaran DPRD Jember, ternyata polisi menemukan puluhan mengendara yang mengendarai kendaraannya sambil merokok. Saat itu juga polisi langsung memberghentikan pengendara tersebut. Bukannya untuk ditilang, namun setelah diberikan sosialisasi pengendara tersebut diberi nasi bungkus.

Sementara salah satu pengendara yang kedapatan merokok bernama Subur mengaku memang tidak mengetahui bahwa ada larangan merokok saat berkendara. Subur berterimakasih kepada petugas yang telah memberikan pemahaman tentang larangan merokok saat berkendara, sehingga kedepannya peraturan tersebut bisa dipatuhinya.

(273 views)