HKTI Minta Bulog Serap Beras Petani Dengan Harga Standart

IMG-20190404-WA0009

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia HKTI Jember, minta Bulog meningkatkan serapan gabah petani, dengan harga sesuai HPP yang sudah ditetapkan. Hal ini disampaikan Ketua HKTI Jember Jumantoro, dalam hearing bersama Komisi B DPRD Jember Kamis siang.
Di hadapan Komisi B Jumantoro menjelaskan, selain berharap Bulog meningkatkan penyerapan, pihaknya juga berharap gabah petani dibeli dengan harga yang wajar. Yakni untuk kualitas super 10 persen diatas HPP, sedangkan jenis logawa minimal sesuai HPP.
Jumantoro mengaku sedih dengan kondisi saat ini, di mana harga gabah saat ini disamakan dengan harga bekatul atau pakan ternak. Karena itu dalam hearing kali ini dirinya meminta Bulog meningkatkan penyerapan gabah petani dengan harga standart, serta mempertanyakan kekuatan anggaran Bulog untuk menjamin mampu menyerap gabah petani di musim panen mendatang.

Sementara Ketua Komisi B DPRD Jember Bukri usai hearing mengatakan, persoalan yang dialami petani ini harus segera dicarikan solusinya. Bukri minta untuk urusan seperti ini jangan sampai bertele-tele. Selain Bulog Bukri juga minta Disperindag ikut berperan memberikan solusi, di antaranya mencari peluang pasar diluar daerah. Sementara perwakilan Bulog Sub Divre 11 Jember yang juga hadir dalam hearing, saat akan diwawancarai menolak memberikan komentar.

(509 views)