Untuk Menjaga Konsentrasi Siswa, SMAN 3 Jember Melarang Siapapun Mendekati Ruang Ujian

IMG-20190401-WA0006Untuk menjaga ketenangan siswa selama mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer yang mulai dilaksanakan hari ini, SMA Negeri 3 Jember tidak mengijinkan siapapun mendekati ruang ujian. Pengawasan oleh pihak sekolah maupun peninjau dari pihak luar, hanya diperkenankan melihat melalui camera CCTV, yang terhubung ke sejumlah monitor pengawas.

Kepala SMA Negeri 3 Jember Rosyid Althaf menjelaskan, untuk pelaksanaan UNBK kali ini pihaknya menggunakan 36 unit komputer dan 1 cadangan, yang berada di 3 ruang Lab Komputer. Masing-masing ruang dijaga oleh 1 orang pengawas, 1 orang proktor atau Asisten Lab dan 1 orang tehnisi.

Untuk pengawasan dari pihak sekolah sendiri hanya bisa dilakukan melalui camera CCTV yang terhubung ke semua ruang ujian. Bahkan peninjau dari luar seperti Forkopimda lanjut Rosyid, tidak diperkenankan mendekati ruang ujian karena dikhawatirkan mengganggu konsentrasi siswa. Sehingga pemantauan hanya boleh dilakukan melalui camera CCTV.

Lebih jauh Rosyid menjelaskan, UNBK di SMA Negeri 3 kali ini diikuti oleh 312 orang siswa yang terbagi menjadi 3 sesi, masing-masing sesi selama 120 menit. Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan UNBK, Rosyid mengaku juga sudah berkoordinasi dengan pihak PLN, serta melakukan pengadaan genset sesuai Juknis dari Dispendik.

(599 views)