Dishub Kesulitan Kontrol Tonase Angkutan Barang

Akibat belum kembali beroperasinya jembatan timbang, dinas perhubungan mengaku kesulitan mengontrol kelebihan tonase angkutan barang, yang melintas di Kabupaten Jember. Padahal tonase angkutan barang sangat penting untuk keselamatan pengguna jalan, sekaligus mengantisipasi kerusakan jalan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Jember Leon Masuardi kepada sejumlah wartawan menjelaskan, sejak adanya peralihan kewenangan dari pemerintah propinsi ke pusat, sampai saat ini jembatan timbang belum dioperasikan kembali. Akibatnya Dishub kesulitan mengontrol kapasitas muatan angkutan barang yang lewat.

Yang bisa dilakukan sejauh ini menurut Leon, melakukan operasi gabungan dengan menggunakan alat timbang portable. Hanya saja karena dishub hanya memiliki 1 alat timbang portable, tentu saja pengawasan tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Leon berharap jembatan timbang yang ada dapat segera dioperasionalkan kembali, untuk mengontrol agar angkutan barang yang kelebihan muatan tonase tidak bisa lewat. Sebab kapasitas muatan sangat penting untuk keselamatan pengendara, dan juga menjaga jalan agar tidak cepat rusak.

(486 views)