Kejari Jember Musnahkan Puluhan Ribu Kosmetik Ilegal Asal Cina dan Narkoba

IMG_20190305_093830

Kejaksaan Negeri Jember Selasa pagi memusnahkan puluhan ribu obat keras berbahaya, kosmetik ilegal asal cina, narkoba jenis sabu, dan sejumlah barang bukti lainnya dari 108 perkara pidana umum, yang dalam amar putusannya diperintahkan untuk dimusnahkan. Pemusnahan tersebut disaksikan langsung oleh perwakilan dari DPRD Jember, Pemkab Jember, Polres Jember, Kemenag Jember dan perwakilan TNI.

Kepala Kejaksaan Negeri Jember Poco Hartanto menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti dari 108 kasus pidana umum di tahun 2018 hingga awal tahun 2019, yang sudah berkekuatan hukum tetap. Barang bukti yang dimusnahkan diantaranya,  32 ribu lebih obat keras berbahaya, 8 butir narkoba jenis inex, 42,9 gram sabu, 4,7 kilo gram ganja, sejumlah barang bukti kasus perjudian, dan puluhan bungkus kosmetik yang sengaja diselundupkan dari Cina ke Jember.

Pemusnahan barang bukti tersebut lanjujt Ponco, sengaja dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan obat-obat terlarang tersebut. Seperti halnya yang menimpa salah satu politisi terkenal yang ditangkap karena kasus penyalahgunaan narkoba. Serta dapat dijadikan sebuah pembelajaran bagi masyarakat, agar tidak melakukan perbuatan serupa.

Lebih lanjut Ponco menjelaskan, selain dengan cara memusnahkan barang bukti, pihaknya juga sudag melakukan langkah preventif, dengan memberikan penyuluhan hukum dan bahaya narkoba ke sekolah-sekolah melalui program jaksa masuk sekolah.

(398 views)