Pelaksanaan Perda Disabilitas Dinilai Kurang Serius

Meski sudah ditetapkan sejak 2016 lalu, hingga kini penerapan Perda Disabilitas dinilai masih kurang serius. Hal ini terlihat dari masih minimnya sarana pelayanan bagi disabilitas.

Dewan Pembina Persatuan Penyandang Cacat atau Perpenca Jember Asrorul Mais menilai, Pemkab Jember kurang serius melaksanakan Perda Disabilitas. Hal ini sangat terlihat dengan tidak maksimalnya pelayanan terhadap penyandang difable, di ruang-ruang publik.

Mais menyebutkan sejumlah layanan disabilitas yang masih belum Dilaksanakan. Di antaranya akses di kantor-kantor instansi pemerintah, trotoar, terminal dan bandara, bahkan penyediaan lapangan kerja bagi disabilitas di Jember masih sangat kurang.

Selain itu mais menilai Pemkab tidak pernah melibatkan disabilitas, dalam perencanaan progam kegiatan. Sehingga sejumlah kegiatan disabilitas yang digagas oleh Pemkab, sejauh ini kurang efektif karena nyatanya kegiatan tersebut kurang dibutuhkan oleh difable. Mais berharap kedepan Pemkab lebih serius dalam melaksanakan Perda Disabilitas.

(204 views)