Lima Dari Enam Bayi yang Dibuang Orang Tuanya di Jember Sudah Teradopsi

Terhitung sejak tahun 2015 hingga saat ini, sudah ada 6 bayi yang kondisinya masih hidup setelah sengaja dibuang oleh orang tuanya. Dari enam bayi tersebut lima bayi di antaranya sudah ada yang mengadopsi.

Pekerja Sosial Perlindungan Anak Dinas Sosial Kabupaten Jember Yuli Ayu menjelaskan, angka kasus pembuangan bayi oleh orang tuanya di Kabupaten Jember terbilang cukup tinggi. Selama tahun 2015 hingga saat ini, bayi yang berhasil diselamatkan saja ada enam bayi, termasuk yang ditemukan di Kecamatan Arjasa beberapa waktu lalu.

Menurut Ayu untuk bayi yang ditemukan di Arjasa, hingga saat ini masih berada di RSD Soebandi, dan sudah ada tiga orang yang mengajukan untuk mengadopsi bayi tersebut. Sementara untuk lima bayi lainnya yang di temukan di sejumlah Kecamatan di Jember, juga sudah ada yang mengadopsinya yakni warga Jember, Madura, Lamongan dan Gresik.

Lebih lanjut Ayu menjelaskan, tidak semua orang bisa mengajukan diri untuk mengadopsi anak terlantar. Namun ada beberapa syarat di antaranya berusia 35 tahun, dan sudah lima tahun menikah dan dinyatakan tidak bisa memiliki anak.

Bahkan yang sudah mendaftar nantinya, masih akan melalui sejumlah tes. Dan yang memenuhi syarat dan mendapat hak adopsi, masih akan terus dipantau hingga anak tersebut berusia 18 tahun.

(578 views)