Turut Serta dalam Pembunuhan Mat Tawon 4 Warga Binaan Lapas Klas 2A Jember Dituntut 5 Tahun Penjara

Setelah 4 dari 9 terdakwa kasus pembunuhan lapas Kelas 2A Jember dituntut 7 tahun penjara. Kamis siang 4 terdakwa lainnya berinisial MI warga Desa Kertosari Kecamatan Pakusari, KH warga desa Sumberjeruk Kalisat, RH warga Desa Panti, dan ZD warga Mumbulsari, yang diduga kuat turut serta dalam kasus pembunuhan tersebut, dituntut 5 tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum Dedi Joansyah Putra menjelaskan, berdasarkan fakta yang terungkap dalam persidangan yang dipimpin ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Jember Slamet Budiono, ke empat terdakwa MI dan kawan-kawan terbukti turut serta membantu atas dasar solidaritas, dalam kasus penganiayaan warga binaan lapas Klas 2A jember Mattawon hingga meninggal dunia. Terdakwa diduga kuat melanggar pasal 351 juncto pasal 55 KUHP.

Dengan mempertimbangkan terdakwa MI pernah divonis 17 tahun atas kasus pembunuhan dan pembakaran istirnya, dan terdakwa lainnya ada yang divonis 6 tahun penjara. Jaksa Penuntut Umum menuntut ke empat terdawa dengan 5 tahun penjara dikurangi masa tahanan.

Sementara kuasa hukum terdakwa Fakih Imam Kurnian atas tuntutan tersebut merasa keberatan. Sebab peran dari keempat terdakwa berbeda-beda keterlibatannya dalam penganiayaan korban.

Sehingga jika dipukul rata 5 tahun penjara, Fakih menilai tidak mencerminkan asas keadilan. Karena itu dalam sidang selanjutnyayang akan digelar tanggal 14 Maret mendatang, pihaknya akan mengajukan pledoi.

(317 views)