5 Polres se Eks Besuki-Lumajang Deklarasi Milenial Road Safety Festival

IMG-20190224-WA0068

Deklarasi Milenial Road Safety Festival atau MRSF di alun-alun Jember

Polres Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Lumajang, Minggu pagi menggelar deklarasi Milenial Road Safety Festival atau MRSF di alun-alun Jember. Deklarasi ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan, dimana 60 korbannya merupakan siswa sekolah.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menjelaskan, acara ini di gelar salah satunya bertujuan untuk menyelamatkan generasi milenial sebagai aset bangsa. Sebab berdasarkan data yang ada, 60 persen korban kecelakaan lalu lintas di tanah air merupakan generasi milenial, dengan rentang usia antara 17 sampai 35 tahun.

Untuk di wilayah eks karesidenan Besuki sendiri lanjut Kusworo, pelajar SMP-SMA yang menggunakan kendaraan bermotor masing sangat tinggi. Diharapkan dengan deklarasi Milenial Road Safety Festival ini, para pelajar yang memang sudah cukup umur memiliki kesadaran tinggi untuk tertib lalu lintas. Sedangkan untuk pelajar smp yang belum cukup umur, diharapkan lebih memilih menggunakan kendaraan umum.

Minimnya kesadaran berlalu lintas masyarakat Indonesia ini juga diakui Sakura, salah satu wisatawan asal Jepang yang kebetulan berada di Jember. Sakura mengaku kaget ketika melihat cara berkendara di Indonesia, yang menurutnya cukup berbahaya. Bahkan ketika ada penyeberang jalan, kendaraan terus saja melintas tanpa memberi kesempatan kepada pejalan kaki.

Deklarasi Milenial Road Safety Festival di 5 kabupaten ini di fokuskan di alun-alun Jember sejak pagi hingga petang, dengan berbagai kegiatan seperti jalan sehat, senam masal, parade Jember Fashion Carnaval, Drumband, atraksi para motor yang juga akan menyebarkan brosur keselamatan berkendara dari udara, serta atraksi motor gede oleh polwan anggota Polda Jatim.

(437 views)