Rekrutment Pengawas TPS Kurang Dari Target

IMG-20190223-WA0004

Komisioner Bawaslu Kabupaten Jember Devi Aulia

Badan Pengawas Pemilu Bawaslu Kabupaten Jember, terpaksa memperpanjang masa pendaftaran pengawas TPS. Hal ini dilakukan karena hingga ditutup hari Kamis 21 Februari lalu, di beberapa kecamatan jumlah pendaftar masih jauh dari yang ditargetkan.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Jember Devi Aulia menyebutkan, total kebutuhan Pengawas TPS di Jember sebanyak 7670 orang. sehingga dibutuhkan pendaftar minimal 2kali lipat atau sekitar 15 ribu orang lebih, yang nantinya akan diseleksi sesuai dengan kualifikasi dan kopentensinya.

Namun ternyata hingga ditutup tanggal 21 Februari lalu, di beberapa kecamatan seperti Tanggul, Semboro, Tempurejo, Mumbulsari dan Jenggawah, yang masih sangat jauh dari target. Kendalanya menurut Devi, di daerah tersebut cukup sulit mencari pendaftar yang sesuai kualifikasi. Peminat dari kalangan muda sebenarnya cukup besar, namun rata-rata usianya masih kurang dari 25 tahun.

Untuk memenuhi target pendaftar, Bawaslu terpaksa membuka pendaftaran gelombang kedua, yang akan dimulai tanggal 25 hingga 27 Februari mendatang. Devi berharap masyarakat bisa ikut serta dalam agenda pemilihan umum, salah satunya sebagai Pengawas TPS.

(344 views)