Per 10 Kg Sampah Plastik di TPA Pakusari Disulap Menjadi 6 Liter BBM

TPA 2Semua sampah plastik ternyata bisa disulap menjadi bahan bakar minyak. Seperti yang dilakukan di TPA Pakusari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember, per 10 kilo gram sampah plastik ternyata bisa menghasilkan 5 sampai 5 liter BBM.

Koordinator TPA Pakusari DLH Jember Muhammad Mas’ud menjelaskan, meskipun fasilitas yang dimiliki TPA Pakusari terbilang minim, namun masih mampu memproduksi 5 sampai 6 liter BBM per harinya, dengan menggunakan 10 kilogram sampah plastik. Sebab pada dasarnya, semua sampah plastik dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan bbm setara premium, solar dan minyak tanah.

Caranyapun menurut Masud sangat sederhana, yakni dengan cara diletakkan dalam alat yang disebut reaktor, kemudian dipanasi dengan temperatur tertentu hingga menghasilkan uap. Uap itulah nantinya disuling menjadi BBM. Bahkan bekas plastik yang sudah disulap menjadi BBM, juga bisa dimanfaatkan sebagai paving sol.

Lebih lanjut Masud menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan inovasi dan pengembangan terhadap teknologi penyulap sampah plastik menjadi BBM. Masud berharap pengembangan tersebut bisa dianggarkan dalam APBD Jember. Sehingga generasi muda Jember, tidak terus diwarisi sampah plastik, yang semakin hari semakin meningkat.

(329 views)